PEMELIHARAAN
Pemeliharaan
adalah kegiatan terus-menerus untuk mengusahakan agar barang/bahan kantor tetap
dalam keadaan baik atau siap untuk dipakai.
a. Tujuan
pemeliharaan sarana dan prasarana kantor, antara lain :
-
Agar barang tidak mudah rusak karena
hama atau suhu/cuaca.
-
Agar barang tidak mudah hilang.
-
Agar barang tidak kadaluarsa.
-
Agar barang tidak mudah susut.
-
Agar sarana dan prasarana selalu dalam
keadaan bersih
b. Pemeliharaan
sarana dan prasarana kantor dapat dilakukan dengan berbagai cara, antara lain:
1) Pemeliharaan
berdasarkan waktu
a) Pemeliharaan
sehari-hari
Pemeliharaan
sarana dan prasarana yang dilakukan setiap hari, biasanya dilakukan oleh
petugas atau karyawan yang menggunakan barang dan bertanggung jawab atas barang
tersebut, misalnya pemeliharaan ruang kerja, mesin tik, komputer, dan mobil.
Pemeliharaan barang-barang tersebut harus dilakukan setiap hari agar
kebersihannya tetap terjaga dan menghindari kerusakan yang lebih besar.
b) Pemeliharaan
berkala
Pemeliharaan
berkala dilakukan menurut jangka waktu tertentu, misalnya seminggu sekali, dua
minggu sekali, sebulan sekali atau dua bulan sekali. Pemeliharaan berkala dapat
dilakukan untuk berbagai jenis sarana dan prasarana dan biasanya dilakukan oleh
petugas yang khusus menangani pemeliharaan barang.
2) Pemeliharaan
berdasarkan jenis barang
a) Pemeliharaan
barang bergerak
Pemeliharaan
barang bergerak dapat dilakukan setiap hari maupun secara berkala. Contoh:
kendaraan bermotor, mesin kantor, dan alat elektronik.
b) Pemeliharaan
barang tidak bergerak
Pemeliharaan barang
tidak bergerak juga dapat dilakukan setiap hari atau secara berkala untuk
mengetahui sampai sejauh mana kualitas barang tersebut masih dapat digunakan.
Contoh: membersihkan debu-debu yang menempel pada alat,sebaiknya dilakukan
setiap hari agar alat dapat selalu terjaga kebersihannya, juga untuk mencegah
kerusakan. Instalasi listrik dan air dapat dilakukan secara berkala.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar